bromo

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah di sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epigenerik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.Sebelum menjelajahi Puncak Gunung-gunung tertinggi, cobalah tantang dirimu terlebih dahulu dengan menjamah gunung ramah Daki ini, jangan dulu terburu nafsu untuk langsung menjamahi gunung-gunung yang tinggi dengan tingkat kesulitan yang bisa membahayakanmu. coba dulu gunung-gunung yang medannya cukup ramah buat pendaki pemula.

Inilah Gunung-gunung yang bisa didaki  untuk kamu yang lagi belajar mendaki,

1. Dengan ketinggian hanya 700 mdpl, Gunung Nglanggeran di Gunungkidul, Yogyakarta, akan mengenalkanmu dengan atmosfer.

gunung

Gunung Nglanggeran yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, DIY. Gunung ini merupakan gunung api purba yang terbentuk dari susuan karst yang menjadi ciri daerah Gunung Kidul. Untuk mencapai desa Nglanggeran, kamu cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan bermotor dari Yogyakarta.

2.Gunung Andong dengan 1.762 mdpl di Magelang ini menawarkan keelokan yang gak kalah dari gunung-gunung yang lebih tinggi.

anGunung ini tingginya hanya 1.726 mdpl, tapi menawarkan pemandangan menawan di puncaknya.Gunung ini juga mudah didaki oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua

3. Di Garut, Gunung Papandayan yang tingginya 2.265 mdpl akan menyuguhimu lewat tingkat kesulitan yang tergolong ringan plus kawah-kawah eksotis sepanjang perjalanan

pp

kamu akan disuguhkan pemandangan beberapa kawah belerang seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.Kamu juga akan menemukan pemandangan keren sekaligus mistis di hutan mati.

4.  kamu bisa mencoba mendaki puncak Gunung Gede setinggi 2.958 mdpl di Bogor, Jawa Barat yang menjadi salah satu gunung favorit pendaki

gd

Gunung Gede yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Bogor, Jawa Barat adalah salah satu gunung favorit para pendaki kamu bisa menemukan berbagai lokasi menarik seperti air terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga maupun padang edelweis alun-alun Surya Kencana.

5. Di Dataran Tinggi Dieng, keindahan Golden Sunrise bisa kamu temukan di Gunung Prau setinggi 2.565 mdpl

pr

Gunung Prau adalah salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia, sambil menanti golden sunrise yang menawan di Tanah Para Dewa.  kamu bisa melihat puncak Sindoro-Sumbing serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan. kamu sudah bisa menginjakkan kaki di puncak yang tingginya 2.565 mdpl.

6.  Gunung Penanggungan setinggi 1.653 mdpl di Mojokerto yang biasa disebut miniaturnya Semeru

pn

Gunung Penanggungan yang terletak di Mojokerto ini sering disebut sebagai miniatur Semeru karena puncaknya yang tandus mirip dengan Gunung Semeru.Sebelum benaran menjajal pendakian ke Semeru, kamu bisa terlebih dulu berlatih di gunung ini. Meski ketinggian puncaknya hanya 1.653 mdpl.

Sebelum memutuskan mendaki gunung, pastikan kamu telah melakukan persiapan matang dan mendapatkan informasi tempat tujuanmu secara lengkap. Ingat! Keselamatan adalah hal terpenting yang harus selalu kamu perhatikan ya .

Source : hipwee.com Editor : Indriana M