JAKARTA – Dewan Perwakilan

Daerah (DPD) akan merealisasikan pembangunan gedung di tiap daerah.

Ketua DPD Irman Gusman mengatakan “anggaran pembangunan gedung masuk dalam APBN 2016 dengan sistem proyek multiyears. Rp21Miliar untuk satu provinsi”. Sesuai kebutuhan. Coba lihat Jogjakarta tanahnya Rp45M kalau dikalikan 30 berapa? Mana banyak sumbangan daerah pada Pusat. Itu yang dilihat,” kata Irman di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (12/5/2015).

Irman mencontohkan di DI Yogyakarta dimana pemda memberikan tanah seluas 3000m seharga Rp45miliar. Menurutnya hal itu merupakan contoh partisipasi daerah. “Selama ini kan daerah ini dianaktirikan dalam pembangunannya. Lepaslah Timor-Timur,” ujarnya. Ia menuturkan bila tidak ada yang mengawasi daerah secara khusus maka dimasa mendatang persoalan akan lebih membahayakan. Irman juga menyebut selama 11 tahun berdiri, DPD belum memiliki kantor. 

“MK saja sudah ada kantor. DPD belum masih menumpang di MPR. Dilihat dari praktenknya MK sudah. KY sudah. Kita kan mintanya Kemenpora tetapi dipakai,” kata Irman. Irman menyebut pembangunan gedung DPD diseluruh provinsi telah ?diusulkan sejak lima tahun lalu. Saat ini dinilai sudah terlambat. “Sudah melangar ini pemerintah dan DPR. Malah diminta lagi tanahnya dari pemerintah daerah. Selama ini kita dipersulit,” katanya.

 
  editor : Indriana M