DPRD Jembrana: Segera Lakukan Kajian Pohon Perindang balitoday
Pohon Tumbang © www.manado.tribunnews.com

Kamis kemarin (28/1), sebuah pohon jenis jeleme menimpa pura Pucak Sari Banjar Temacun, Desa Mekar Sari Baturiti Tabanan. Akibat terjangan angin yang keras, pohon tumbang dan tepat mengarah ke Pura Pucak Sari. Akibatnya empat bangunan di pura tersebut rusak tertimpa pohon.

Adapun bangunan yang rusak adalah bale pesantian, bale pesandekan, bale gong dan tembok penyengker. Musibah ini terjadi sekitar pukul 09.30 WITA.

“Setelah melakukan acara mepekeling, pihak Polsek, warga dan BPBD Tabanan melakukan kerja bakti pembersihan pohon tersebut,” kata Kapolsek Baturiti Kompol Heri Supriawan kepada Tribunbali, Kamis (28/1).

Saat mendapat kabar dari warga setempat, pihak Polsek langsung mendatangi TKP. Kerugian karena rusaknya tempat suci tersebut diperkiraan mencapai Rp100 juta lebih.

Pohon jenis boni pun ikut tumbang sekitar pukul 11.00 WITA, yang menyebabkan jalan menuju puran tertutup. Pohon ini terletak di jalan masuk Pura Taman Jero Subamia di Banjar Dukuh Dauh Peken Tabanan.

“Tumbangnya di jalan masuk pura, karena angin kencang kemarin malam,’’ ujar Camat Tabanan, IGAN Pratiwi yang langsung datang mengecek ke lokasi.

Tidak ada kerusakan materiil yang terjadi. Lokasi jatuhnya pohon berjarak sekitar 10 meter dari pura yang di sekelilingnya masih terdapat tegalan.

(tri/nei)