Pantai Batubolong Canggu © www.id.wikipedia.org

Pada Minggu (31/1) pagi, sekitar 150 masyarakat Desa Adat Canggu berdemo di tepi Pantai Batubolong, Canggu, Kabupaten Badung, Bali. Mereka menyampaikan sejumlah tuntutan pada Hotel Canggu Intercontinental (HCI).

Unjuk rasa yang terjadi sejak pukul 10.00 WITA tersebut, menuntut dikembalikannya jalan akses ke Pura Batu Mejan yang ada di dekat hotel, mengembalikan sepadan pantai yang dicaplok pihak hotel, serta mengembalikan aliran sungai.

“Alasan kami adalah seandainya ada ombak besar yang kena Gutter di pantai maka akan mengenai pura. Jalan yang ada di depan hotel itu juga menutup akses kami kalau ada acara ngaben. Sempadan pantai diambil, akses kami ke setra (kuburan) jadi sulit terutama kalau ombak besar,” terang Wayan Winaya, orator unjuk rasa, seperti dikutip Tribunbali.

Di lain tempat, perwakilan investor Canggu International, Senator Arya Wedakarna, Bendesa Adat, aparat Kapolres Kuta Utara, Camat Kuta Utara, serta beberapa pemuka masyarakat melakukan mediasi di sebuah gudang hotel. Gudang tersebut berada di hamparan lahan hotel yang belum terdapat bangunan.

(tri/nei)