Pasca dikontrak menjadi host atau pemandu acara di salah satu program reality show stasiun televisi swasta baru-baru ini, Oka Antara mendapatkan kesempatan mengunjungi tempat-tempat di tiga benua, Asia, Eropa dan Afrika).

Ketika diwawancarai balipost.com, ia mengaku belum pernah menjadi pemandu acara sebelumnya, namun disebutkan bahwa ia sangat tertantang untuk melakoni peran barunya tersebut.

Dengan latar belakangnya sebagai aktor, ia dituntut untuk bisa mengombinasikan kemampuan aktingnya dengan pengambilan keputusan dalam suasana spontan di acara tersebut. Dalam perannya itu, ia diproyeksikan untuk menjadi host yang berkarakter antagonis.

Ia menyebut Simon Cowell, juri American Idol, sebagai rujukannya dalam mendalami peran.

“Orangnya antagonis, menyebalkan. Dia selalu melontarkan kritik yang pedas negatif dan sinis. Gue mau enggak mau harus dibenci, senyum tapi sinis. Tapi gue harus objektif dan secara pribadi gue enggak benci mereka, enam kontestan,” paparnya.

Program reality show yang dimulai 13 Februari ini menyuguhkan adu strategi yang harus dilakukan para kontestan di tiga benua berbeda. Mereka harus beradaptasi dengan lingkungan yang ada untuk saling berkompetisi.

Ada beberapa pengalaman unik yang dialami para peserta selama menjalani kompetisi. Salah satunya ada kontestan yang tidak membawa jaket atau pakaian hangat, padahal cuaca sedang dingin, dengan suhu udara sekitar minus 17 derajat Celcius. (blp/fal)