Banjir Denpasar © www.youtube.com

Tingginya intensitas hujan yang turun belakangan ini, membuat beberapa wilayah Denpasar dan Kuta terendam banjir. Kondisi terparah dialami warga di Perumahan Kertawinangun, Perumahan Bumi Ayu Sanur.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Pengendali Operasi Bencana Provinsi Bali I Gede Jaya Serataberana.

“Di Perumahan Kertawinangun, tinggi air saat ini sudah sepinggang orang dewasa. Di perumahan ini baru pertama kali terjadi. Sementara di Perumahan Bumi Ayu Sanur, tinggi air sepaha orang dewasa. Namun di perumahan ini sebenarnya sudah menjadi langganan setiap tahun karena memang tempatnya yang sedikit rendah,” tukasnya di Denpasar, Rabu (3/2).

Selain wilayah tersebut, banjir juga merendam wilayah Panjer Kecamatan Denpasar Selatan terutama di Jalan Tukad Pekerisan dimana banjir telah seukuran paha orang dewasa.

Serataberana menerangkan, pihaknya dari BPBD Provinsi dan Kota Denpasar telah dikerahkan untuk turun ke lapangan memantau kondisi Kota Denpasar dan sekitarnya.

“Sekarang seluruh tim sedang berada di lapangan untuk memantau situasi dan kondisi. Beberapa titik yang yang parah sudah ditangani,” imbuhnya, seperti dikutip Suaradewata.

Ia menambahkan lagi, pihaknya akan segera melakukan pendataan apakah penyebab dari banjir tersebut. Kemungkinannya adalah tingginya curah hujan yang mengguyur Bali sejak pagi.

Debit air yang terus naik menyebabkan air tidak bisa tersalurkan di got yang tersedia, sehingga meluap ke jalanan. Selain itu masih banyaknya sampah yang menghalangi saluran air sehingga air meluap ke jalanan.

(sua/nei)