desa wisata penglipuran © www.blingurah.com

Dinas Pariwisata Bali mencatat sebanyak 4.001.654 wisatawan telah datang ke pulau bali pada tahun 2015. Data ini meningkat sebesar 6,2% dibandingkan tahun lalu atau dapat dikatakan, wisatawan telah lebih 1.654 orang dari yang ditargetkan pemerintah Bali.

Secara keseluruhan, wisatawan didominasi oleh wisatawan asal Australia dan Tiongkok. Sehingga pemerintah saat ini terus melakukan promosi wisata Indonesia terutama luar negeri.

Predikat Pulau Bali menjadi pulau terbaik kedua di dunia membuat Bali menjadi lebih dikenal oleh dunia internasional.

Menurut Made Widiantara Putra pengamat Pariwisata, promosi pariwisata yang diikuti pemerintah bersama komponen pariwisata yang ada cukup memadai. Hal ini berhasil dibuktikan dengan jumlah wisatawan yang stagnan meskipun dengan kejadian meletusnya gunung api di beberapa daerah di Indonesia.

Salah satunya adalah dampak erupsi Gunung Raung dan Gunung Barujari yang mengakibatkan penutupan operasional Bandar Udara Ngurah Rai, Badung, Bali, seperti dikutip oleh Tribun Bali.

“Adanya buka tutup Bandara Ngurah Rai, ternyata tidak menjadi halangan signifikan, maka bersyukur jumlah turis asing yang terbang langsung ke Bali sesui sasaran yang ditetapkan, apalagi masih melemahnya perekonomian global,” terangnya di Denpasar, Kamis (25/02).

Meskpun banyak kondisi-kondisi yang dapat mempengaruhi perkemabngan dunia pariwisata di Indonesia, namun pemerintah dapat mengambil langkah cepat untuk bisa menarik minat wisatawan.

Salah satunya dengan kebijakan penambahan negara bebas visa yang ke Indonesia oleh pemerintah. Hal ini membuat kunjungan wisatawan tidak menurun ke Pulau Bali. (tri/nei)