desa wisata penglipuran © www.blingurah.com

Wakil Ketua Pariwisata Budaya FBN (Forum Bela Negara) Bali, I Made Sukadana menyatakan pihaknya akan melakukan kolaborasi seni se-Nusantara untuk mengatasi sektor pariwisata di Pulau Bali yang telah mengalami kejenuhan.

Melakukan kolaborasi seni menjadi tahap pertama yang akan dilakukannya.

“Nantinya akan menukik (lebih terarah) pada desa Wisata. Sebuah desa akan bisa berkembang aktivitas daya tarik wisata dan destinasinya dengan desa wisata,” ujarnya, Sabtu (12/03).

Nantinya, desa wisata akan menjadi aktivitas akomodasi tinggal bersama penduduk atau pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Wisatawan asing ataupun domestik dapat ikut jalan-jalan di seputar desa wisata atau melakukan tracking.

“Di situ nantinya, turis melihat arsitektur lokal atau masyarakat Bali. Dan itu yang harus ditumbuhkan di Bali,” tandasnya.

Untuk melancarkan tahap ini, ia akan melakukan kerjasama dengan desa-desa adat di Bali, seperti dikutip dari Tribun Bali.

Menurutnya, Desa Wisata merupakan inovasi baru ‎sebuah wisata dengan tidak menghancurkan alam Bali. tetapi malah memberdayakan masyarakat Bali pada bidangnya, atau sebagai penjaga kelestarian budaya dan wisata Bali.

“Sehingga nanti soal kebersihan, tidak menggunakan narkoba, pemuda mencintai desanya, servis kepada tamu, menjaga desa dan bangsa akan kami tularkan dan terprogram untuk dilakukan di desa-desa,” ‎tutupnya. (tri/nei)