Virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) kini lagi-lagi mewabah hingga thailand.MERS pertama kali muncul di Arab Saudi pada September 2012 lalu. Sejak saat itu, sudah 94 orang positif didiagnosis MERS dan 46 di antaranya meninggal dunia. Pemerintah setempat memastikan bahwa mereka tengah menangani kasus pertama infeksi penyakit mematikan yang telah menewaskan 24 orang di Korea Selatan (Korsel) itu.

Pasien berjenis kelamin pria yang terinfeksi, kini berada dalam karantina di fasilitas penanganan penyakit menular. Lokasinya di luar ibukota Thailand, Bangkok.
“Lelaki berusia 75 tahun dari Oman itu berada di Bangkok untuk menjalani pengobatan penyakit jantungnya. Thailand adalah pusat wisata medis, dan populer di kalangan warga Timur Tengah,” kata salah satu pejabat kesehatan di Thailand seperti dikutip dari BBC, Jumat (19/5/2015).


Saat pria tersebut di periksa oleh Tim Medis ternyata Tim Medis menemukan Virus MERS pada tubuhnya . Pemerintah Thailand pun langsung melacak semua orang yang melakukan kontak fisik dengan pria tersebut. menurut data yang diperoleh saat ini ada  60 orang yang di duga  telah melakukan kontak fisik dengan pria tersebut, yskni  3 kerabat si pasien yang berada satu pesawat.
Menteri Kesehatan Thailand Rajata Rajatanavin menjelaskan “Kami mengimbau masyarakat agar tak panik, karena pasien dan anggota keluarganya dipisahkan sejak awal. Sistem kami sudah siap dan kami sedang memonitor kasus-kasus ini dengan cermat”.

 

Source : BBC     Editor : Indriana M