© www.youtube.com

Perayaan Tahun Baru Imlek 2016 tak dilewatkan warga Bali. Salah satunya perayaan yang diadakan Vihara Dharmayana/ Leeng Gwan Bio di sepanjang Jalan Raya Kuta, Badung, Bali pada Minggu (7/2) sekitar pukul 17.00 WITA.

Vihara terbesar di Bali tersebut mengadakan arak-arakan barongsai dan liong sepanjang satu kilometer menuju Pantai Kuta Bali. Ritual ini pun disambut baik oleh warga sekitar yang memadati Jalan Raya Kuta.

Adhi Darmaja Kusuma selaku pengurus Vihara Dharmayana mnegungkapkan, ritual ini merupakan tradisi yang dimiliki oleh warga Tionghoa.

“Adanya perayaan seperti ini sejak ada jamannya presiden Gus Dur. Kami ingin menunjukkan tradisi budaya kita kepada masyarakat,” jelasnya singkat, seperti dikutip Suara Dewata.

Ritual diawali dengan doa di Vihara Dharmayan, yang dilanjutkan dengan perjalanan kaki barongsai dan liong menuju pantai Kuta. Tak hanya di awal, doa pun terus dilakukan saat tiba di perempatan jalan.

Selama di perjalanan, barongsai dan liong ini mengambil angpao-angpao yang diberikan warga steempat yang menonton. Bahkan, secara khusus ada warga keturunan Tionghoa yang mengundang aksi keduanya di rumahnya untuk diberi angpao.

Setibanya di Pantai Kuta, barongsai dan liong ini beratraksi diiringi dengan doa-doa.

(sua/nei)