Angin mirip tornado muncul di Selat Bali ©youtube

Terdapat fenomena unik yang terjadi di Selat Bali, tepatnya di sekitar pelabuhan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk pada Rabu (17/02). Pusaran angin terlihat bergerak menyusuri penyeberangan dan menuju ke arah laut.

Sontak, kejadian ini sempat membuat panik para pengguna jasa penyeberangan dan warga sekitar yang yang mengira akan terjadi badai besar.

Seperti dilansir balipost.com, menurut laporan warga,kejadian ini pertama kali diketahui di sepanjang Pantai Boom, Banyuwangi sekitar pukul 17.00 WIB.

Warga Banyuwangi di sekitar pantai tersebut sempat dibuat panik. Namun untungnya angin tidak bertiup lama dan segera bergerak ke tengah laut. Dari tengah laut, pusaran angin ini bergerak ke arah utara, menuju arah Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk.

Seorang warga yang saat itu berada di sekitar pelabuhan, Candra, mengatakan angin bergerak tidak terlalu lama, lalu menuju ke arah laut.

“Anginnya berputar, terus bergerak ke tengah laut sekitar 20 menit,”ujarnya.

Uniknya,setelah pusaran angin hilang, hujan langsung turun. Sepintas kemudian, hujan reda dan angin bertiup kembali. Angin unik ini kemudian mengarah ke Gilimanuk, dan hilang di tengah perjalanan.

Menurut pengakuan warga, angin yang bertiup ini mirip dengan angin tornado. Apalagi, waktu kejadian berlangsung, mendung bergelayut sangat tebal, sehingga sempat membuat warga bertanya-tanya tentang apa yang terjadi. (blp/fal)