Ngarai Beji Guwang Sukawati ©rentalmobilbali.net

Selama ini, Pulau Bali sangat terkenal dengan obyek wisata pantainya. Padahal di samping pantai, pulau eksotis ini memiliki kekayaan alam yang tak kalah indahnya di beberapa tempat.

Salah satunya yang ada di Beji Guwang Sukawati. Belum banyak yang mengetahui keberadaan replika surga di sebuah titik di tempat ini.

Namun seiring perkembangan internet dan media sosial, tempat ini semakin dikenal wisatawan lokal maupun internasional, dan secara keindahan bisa disejajarkan dengan beberapa wisata andalan di Pulau Bali.

Di tempat ini, terdapat ngarai yang letaknya tersembunyi. Wisatawan sering menyebutnya the hidden canyon Beji Guwang Sukawati.

Letak ngarai ini tidak terlalu jauh dari Pasar Seni Sukawati. Jauhnya hanya 10 menit dari pasar yang merupakan favorit para pelancong dalam mencari oleh-oleh tersebut. Lokasinya berada di sebelah pura Dalem Guwang Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus melewati ratusan anak tangga di samping pura. Setelah menuruni dan menaiki anak tangga, wisatawan akan disambut oleh pancuran air yang digunakan untuk acara keagamaan umat Hindu.

Dari pancuran tersebut, wisatawan masih harus berjalan sejauh 700 meter melewati bebatuan, sungai kecil, dan tebing-tebing kecil. Akan terasa sangat licin bagi pengunjung yang belum terlalu paham medan.

Setelah melewati rintangan-rintangan tersebut, wisatawan dapat dimanjakan dengan pemandangan ngarai yang tiada duanya. Yang menjadi daya tarik di tempat ini adalah tebing batu setinggi 20-30 meter dengan aliran sungai berwarna biru langit.

Kebanyakan wisatawan akan menggunakan tebing indah ini sebagai latar belakang foto yang akan diunggahnya di media sosial. (kbd/fal)