Sambut Akhir Pekan Dengan Gelaran Film Dari Bentara Budaya Bali balitoday

Pecinta film patut menyambut program pemutaran film yang digelar oleh Bentara Budaya Bali pada Jumat (27/05) dan Sabtu (28/05). Film-film bertema pendidikan akan diputar di Jalan Prof. Ida Bagus Mantra 88A, Ketewel, Gianyar, Bali selama dua hari berturut-turut.

Dengan bertajuk ‘Gandhi, Pengemis dan Tukang Becak’, film yang akan diputar mengisahkan seputar dunia pendidikan formal, peranan guru, dan beberapa masalah yang yang ada di dalamnya.

“Agenda putar film kali ini juga dihadirkan dengan konsep nonton bareng ala Misbar tahun 80an, ditayangkan di halaman terbuka Bentara Budaya Bali dalam suasana guyub, hangat, dan akrab,” jelas Juwitta Lasut, staf Bentara Budaya Bali.

Pada hari pertama, ada beberapa film yang akan diputar, meliputi Gandhi (India-UK, 1982, Richard Attenborough) dan Berg Fidel (Jerman, 2011, Hella Wenders).

Kemudian di hari kedua akan diputar film Biduk (Indonesia, 2011, Koes Yuliadi), Pengemis dan Tukang Becak (Indonesia, 1978, Wim Umboh), dan The Class (Prancis, 2008, Laurent Cantet).

“Film Pengemis dan Tukang Becak (1978, Wim Umboh) memberikan pemahaman tentang mereka yang terpinggirkan, berikut pentingnya menumbuhkan nilai solidaritas dan toleransi. Nilai-nilai anti kekerasan juga melekat pada sosok Mahatma Gandhi melalui film bertajuk Gandhi.

Kedua film tersebut merupakan film yang sohor di zamannya. Pengemis dan Tukang Becak meraih 18 nominasi penghargaan FFI 1979 dan memenangkan 10 Piala Citra, sedangkan film Gandhi meraih 8 Piala Oscar sekaligus pada Academy Awards 1983,” jelasnya, seperti dikutip dari Tribun Bali. (tri/nei)