© fkg.ui.ac.id

RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar menggelar seminar dengan tema ‘Transfusi darah, persiapan komponen darah dan pelaksanaan transfusi yang berkualitas’ yang dilaksanakan di Aula RSUD Sanjiwani, Sabtu (6/2).

Seminar ini digelar dalam rangka Hari jadi ke-55 RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar. Seminar juga dilakukan bersamaan dengan Launching Alat Pengolahan Trombosit (refrigerated centrifuge) di rumah sakit ini. Acara ini dibuka langsung oleh Asisten II Setda Kabupaten Gianyar, I Ketut Suweta.

Dalam sambutannya, I Ketut Suweta mengatakan, pihaknya mewakili Pemkab Gianyar berharap terkait masalah maupun pelayanan kesehatan di Kabupaten Gianyar dapat teratasi.

“Semoga dengan bantuan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga kesehatan masyarakat menjadi lebih baik,” jelasnya, seperti dikutip Suara Dewata.

Begitu juga Ketua Panitia Penyelenggara, dr. I Made Suwita menjelaskan, seminar ini memang bertujuan untuk mengingat kebutuhan darah yang sangat penting bagi manusia. Pasalnya, seluruh organ manusia membutuhkan darah. Terutama bagi pasien transfusi darah.

“Transfusi darah merupakan salah satu cara untuk mengobati pasien,” terangnya.

Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar, dr. Ida Komang Upeksa turut berterimakasih kepada Pemkab Gianyar dan PMI yang telah membantu RSUD Sanjiwani dalam hal pemenuhan kebutuhan akan darah yang ditunjang dengan Alat Pengolahan Trombosit (refrigerated centrifuge). 

“Semoga dengan bantuan ini kebutuhan akan darah dapat terpenuhi secara maksimal, sehingga nantinya dapat meningkatkan respon time pelayanan dan kepuasan dari pelanggan” ujar dr. Upeksa.

(sua/nei)