Pulau Peninsula © kompas.com

Ratusan orang berkumpul dalam acara bersih-bersih yang melibatkan pengelola hotel di kawasan Pantai Peninsula pada Jumat (26/02). Acara tersebut digagas Indonesia Tourism Development Corporation.

Direktur Operasional ITDC, AA Ngurah Wirawan, mengungkapkan aksi bersih-bersih ini diikuti ratusan orang dari 15 hotel, 6 vila, dan 7 tenant di kawasan tersebut.

Ia menambahkan bahwa orang-orang yang terlibat dalam acara ini sepakat bahwa Pulau Peninsula menjadi pusat kegiatan mereka. Sehingga sudah sepatutnya mereka menjaga kebersihan dan keindahan kawasan tersebut.

Tak hanya pengelola hotel, acara ini juga mengajak semua kalangan termasuk pengunjung untuk mengikuti acara kebersihan.

Ia menyebutkan bahwa kawasan ini, tepatnya di water blow sering digunakan pengunjung untuk melakukan foto selfie karena keindahannya.

Namun sayangnya banyak pengunjung yang masih membuang sembarangan setelah menikmati pemandangan di sini.

“Banyak sekali pengunjung yang datang untuk berfoto. Tapi mereka berfoto sambil membuang sambah. Coba lihat putung rokok dan sampah plastik di kawasan water blow ini. Membersihkan sampah di batu karang ini sangat sulit,” ujarnya sambil memunguti sampah.

Wirawan menambahkan bahwa untuk ke depan, ia dan ITDC akan mengadakan program penambahan tempat sampah dan mengoptimalkan papan himbauan.

Seperti dilansir balipost.com, selama ini ITDC telah melaksanakan program pemisahan sampah antara plastik dan organik, serta melakukan pengolahan terhadap sampah organik dan limbah cair.

Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan limbah cair diolah sehingga dapat digunakan untuk penyiraman tanaman.

Kawasan laguna yang digunakan sebagai pengolahan limbah ITDC kini juga menjadi habitat sejumlah burung dan hewan air. (blp/fal)