Penyelundupan Penyu Terus Ada, Masih Banyak Yang Pesan Daging Penyu balitoday

Polres Buleleng berhasil menggagalkan penyelundupan penyu hijau tepatnya di pesisir wilayah Desa/Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali, pada Rabu (26/05). Puluhan penyu hijau berhasil diselamatkan namun pelaku dapat kabur.

Pelaku diduga tengah menunggu penadah penyu selundupan, namun saat sudah sampai di pinggir pantai untuk menurukan penyu, polisi yang bertugas lebih dulu sampai di lokasi.

Kanit Patroli Satpolair Polres Buleleng Dewa Nyoman Adnyana mengatakan, pihaknya mengaku kesulitan mengejar pelaku penyelundupan. Ia tengah memikirkan ide yang tepat untuk menangkap para penyelundup.

“Pengejaran kita sulit, mungkin berikutnya kita pakai sistem lain gimana caranya kita turun di laut tiga sampai empat orang jadi kita bisa cegat di tengah, seperti semalam kita hanya menggunakan dari darat dan sarana untuk kita memotong dari yang langsung ke lokasi belum ada,” terangnya.

Menurutnya, selama ini penyelundupan penyu banyak dilakukan di wilayah pesisir Buleleng Timur dari wilayah Pulau Sapeken. Hal ini didukung oleh perairan keduanya yang berdekatan.

Di Denpasar, penyu hijau banyak digunakan untuk dimasak di beberapa rumah makan yang menyediakan menu daging penyu. Demikian yang diwartakan dari Tribun Bali. (tri/nei)