Pelabuhan Nusa Penida © www.mapio.net

Hingga Jumat (12/02) kemarin, arus balik Hari Raya Galungan dari Nusa Penida di Pelabuhan tradisional Kusamba terpantau lengang. Hal ini dikarenakan para pemudik masih berencana berlibur lebih lama di kampung halamannya.

Made Sedana Yoga petugas pelabuhan mengungkapkan, adanya faktor cuaca lah yang membuat para pemudik enggan kembali tepat waktu. Hujan yang terus mengguyur wilayah ini membuat pemudik semakin betah di kampung halaman.

Yoga pun memperkirakan pucak arus balik akan terjadi pada hari Minggu (14/02) besok, seperti dikutip Suara Dewata. Untuk mengantisipasi membludaknya penumpang, pihaknya telah menambah ektra trip, dengan sedikitnya delapan trip tambahan.

Kebanyakan para pemudik menitipkan motornya di penitipan motor di pelabuhan tradisional Tri Buana Kusamba. Terlihat para petugas masih terus mengawasi kendaraan yang dititipkan pemudik. Petugas juga melakukan pengecekan surat kendaraan bila pemudik datang untuk mengambil motornya.

Hal ini dilakukan petugas untuk untuk mengantisipasi tindak pencurian pada kendaraan para pemudik. Pemudik dikenakan biaya Rp5.000 untuk sehari, dan menjadi Rp10.000 pada hari setelahnya. (sua/nei)