Pantai Bias Tugel, Potongan Keindahan Alam di Karangasem Bali
© paseknyoman.blogspot.com

Satu lagi pantai yang menjadikan Pulau Bali surganya pantai tercantik. Yaitu adalah pantai Bias Tugel yang terletak di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali.

Untuk menemukan surga dunia ini, pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga kemudian melewati jalur trekking menuju pantai yang dikelilingi hutan.

Sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhi penampakan akar dan ranting pohon terus menurun menuju Pantai Bias Tugel. Dari celah-celah dedaunan, pengunjung sudah dapat melihat jernihnya air laut.

Dengan jalur yang beredebu dan licin, perjalan dapat dicapai dengan waktu 10-15 menit.

Keindahan Pantai Bias Tugel tampak dari hamparan pasir putih halusnya berpendar saat terpapar sinar matahari, begitu juga gulungan ombak dengan gradasi biru seolah saling berlomba menyapu pasir pantai yang basah.

Ditambah suasana langit biru cerah dengan awan yang menggantung menjadi latar yang menyempurnakan keindahan Pantai Bias Tugel. Belum lagi pepohonan hijau yang rindang yang mengelilingi pantai, seperti dikutip dari Tribun Bali.

Pantai yang terhampar dengan panjang sekitar 200 meter ini, dinamakan Bias Tugel yang berarti potongan pasir. Bias berarti pasir dan tugel yang berarti potongan, pantai ini dibatasi oleh batu karang dan membentuk seperti teluk. (tri/nei)