Bondan Winarno © www.buset-online.com

Dalam buku terbarunya, 100 Mak Nyus Bali, Bondan Winarno menceritakan 50 tempat makan pilihan di Bali yang terdiri dari 50 makanan tradisional. Selain menampilkan repsep dan tempat dimana mendapatkan masakan tersebut, buku juga dilengkapi dengan koordinat GPS untuk memudahkan kita menemukan alamatnya.

Melansir dari beritabali, buku ini sangat perlu dimiliki oleh para pemandu wisata, para pengemudi taksi, dan para concierge di hotel. Bahkan buku ini juga dimiliki masyarakat Bali sendiri untuk buku panduan yang penting.

Di dalam bukunya, Bondan menceritakan 50 masakan tradisional Bali yang sebagian telah mulai langka. Diceritakan juga latar belakang dan sejarah dari masakan tersebut. Salah satunya adalah lawar yang menjadi salah satu makanan yang populer di Bali.

Bondan menjelaskan bahwa lawar adalah makanan yang menduduki peran penting alam kehidupan beragama masyarakat Bali maupun kehidupan sosial mereka. Buku ini juga menjelaskan bahwa sebenarnya ada beberapa jenis lawar yang termasuk kategori halal. Dalam sebuah tradisi makan bersama atau yang disebut gibungan, lawar yang disajikan harus bersifat pancawarna.

(ber/nei)