Tuan rumah Chile dan Argentina akan bertemu dalam duel perebutan gelar juara Copa Amerika 2015 pada Minggu (05/07).

Chile berhasil melaju ke final Copa America setelah mengalahkan peru 2 – 1, sementara argentina berhasil mengandaskan Paraguay dengan skor telak 6 -1 pada pertandingan yang dihelat di stadion Alcaldesa Ester Roa Rebolledo.

Dari peta kekuatan kedua tim, Argentina Nampak lebih diunggulkan dengan jajaran pemain kelas wahid mereka, adanya Lionel Messi dan Sergio Aguero di depan, serta duo Javier Pastor dan Javier Mascherano di tengah menjadi salah satu alasan anak asuh Gerardo “Tata” Martino ini lebih diunggulkan.

Alasan lainnya adalah mereka saat ini dalam posisi on fire setelah berhasil menjungkalkan Paraguay dalam pertandingan sebelumnya. Seakan berusaha memuaskan dahaga juara yang tertunda dalam sebuah final turnamen besar, Argentina kini berambisi menjadi kampiun Copa Amerika setelah pada 2014 mereka kalah di final Piala Dunia oleh Jerman.

Namun, Chile juga tidak bisa dianggap terlalu remeh, perjalan mereka sebagai tuan rumah sampai ke final tidak terlalu mengalami hambatan berarti, mereka mampu mengalahkan Uruguay dan Peru. Juga dengan adanya Arturo Vidal dan Alexis Sanches dalam skuad tim Chile saat ini juga patut diperhitungkan.

Sebagai tuan rumah, dukungan dari penonton akan menjadi penyemangat bagi mereka dan intimidasi bagi Argentina. Adanya Sanches dalam tim Chile mampu membuat barisan pertahanan lawan menjadi kocar kacir, terlebih peran Sanches hamper mirip dengan Messi yang bertugas menebar ancaman dan membuat peluang untuk rekan rekan mereka memanfaatkan peluang menjadi gol untuk kemenangan timnya.

Final ini dipastikan akan berlangsung sengit, akankah Argentina dapat meraih gelar juara ke-15 kalinya dan sekaligus menyamai gelar juara Uruguay sepanjang helatan Copa Amerika ? ataukah Chile yang berhasil untuk mengangkat trofi juara untuk pertama kalinya di negara mereka sendiri ? kita tunggu saja. (pras)