Tanah Lot Bali © southeastasianists.tumblr.com

Pada Hari Raya Manis Galungan, Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, Kediri, Tabanan masih menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Begitu juga dengan liburan panjang sebelumnya, seperti Tahun Baru Imlek.

Pada Kamis (11/02), Tanah Lot mengalami kunjungan yang padat sejak pagi hingga sore. Apalagi ini juga bertepatan dengan Hari Raya Galungan. Menurut petugas wisata DTW Tanah Lot, diperkirakan pengunjung akan terus meningkat hingga Minggu (14/02).

Adanya dua kegiatan keagamaan yakni piodalan di Pura Luhur Pakendungan pada tanggal 20 Pebruari 2016, dan piodalan di Pura Luhur Tanah Lot pada tanggal 24-27 Pebruari 2016. Kegiatan ini diperkirakan akan menarik wisatawan lebih banyak lagi.

Kegiatan ini tentunya akan mengundang masyarakat Hindu (pemedek) yang ingin melakukan persembahyangan, dan juga pengunjung yang ingin menyaksikan proses persembahyangan.

Peningkatan wisatawan ini disampaikan oleh Manajer DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana. Ia menerangkan ada pelonjakan wisatawn sejak masuknya hari raya Galungan. Kunjungan pun mencapai 12.625 orang dibandingkan Galungan sebelumnya hanya mencapai 8.802 orang.

“Galungan kali ini kunjungan  naik 30%. Meningkat dari yang sebelumnya,” jelas Toya Adnyana, seperti dikutip Berita Bali.

Pengunjung didominasi oleh wisatawan lokal Bali dan luar Bali. Untuk wisatawan lokal dari luar Bali biasanya datang secara rombongan dengan menggunakan bus.

“Kalau manca negara hanya saat sore hari aja karena mereka menyaksikan berbagai ritual. Justru wisatawan domestik luar Bali yang banyak datang secara rombongan,” tuturnya. (ber/nei)