Kepala Staf Kodam IX Udayana, Brigjen TNI Hadi Kusnan mengatakan, pihaknya telah  siap untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Bali yang rencananya akan digelar, pada 9 Desember 2015.

Saat ditemui, Rabu (22/7), ia akan mengatakan kesiapan ini mencakup personel yang dilibatkan dalam Pilkada tersebut. Seperti yang dilansir Tribunnews.com

“Kami siap mengamankan jalannya Pilkada. Karena kalau memang ada permintaan kami akan siapkan  prajurit kami untuk mengamankan proses demokrasi tersebut,” jelasnya.

Hadi Kusnan mengatakan,  pihaknya juga akan segera berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait mengenai proses penjagaan keamanan selama proses demokrasi tingkat daerah ini berlangsung.

“Kami rutin melajukan komunikasi dengan sejumlah pihak termasuk masyarakat,” ujar  Hadi

Hadi menambahkan selain itu koordinasi penting juga akan dilakukan dengan pihak kepolisian. Sebab menurutnya kinerja TNI hanya sebagai back up dari Polri.

Sehinga, apabila nanti Polri memerlukan bantuan TNI, pihaknya akan selalu siap mengirimkan bantuan. “Kami siap, demi keamanan bersama,” jelas dia. (tri/ind)