ilustrasi kebakaran gedung ©tobasatu.com

Malam sebelum perayaan Galungan seharusnya menjadi malam yang membahagiakan bagi masyarakat Hindu di Bali. Namun suasana mencekamlah yang justru dialami seorang pria asal Banjar Tengah Peliatan, Ubud, Gusti Suryawan. Dia adalah pemilik gudang Art Shop Jaya Taru di daerah Banjar Sapat, Tegallaang.

Kepanikan warga terjadi ketika sekitar pukul 22.30 WITA api mulai menjalar di daerah tersebut. Warga langsung berupaya memadamkan api dengan air dan alat seadanya.

Seperti dilansir balipost.com, api berasal dari kamar seorang karyawan bernama Rinto Kadi Wanno yang berada di lantai dua bangunan gudang. Api segera merambat dengan cepat ke ruangan lainnya disebabkan dinding kamar terbuat dari bambu dan kayu.

Kejadian ini membangunkan Rinto dan warga sekitar yang kemudian berusaha memadamkan api. Beberapa warga mencoba menghubungi pemadam kebakaran. Akhirnya dua unit mobil pemadam kebakaran datang dan segera memadamkan api bersama warga.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, disebabkan lima kamar yang terdapat di dalam gudang dalam kondisi. Praktis hanya Rinto yang berada di lokasi kejadian waktu itu.

Api berhasil dipadamkan pukul 00.15 WITA setelah upaya emadaman dari warga, polisi, dan pemadam kebakaran. Kapolsek Tegallalang AKP Gede Sudyatmaja mengatakan polisi langsung datang ke tempat kejadian ketika api mulai menjalar. Namun untuk penyebab kebakaran, hingga saa ini belum diketahui karena masih dalam penyelidikan. (blp/fal)