Kampanye Massal Vaksinasi Rabies Target 716 Desa di Bali balitoday

Kampanye vaksinasi anjing massal di Bali akan digelar pada bulan April sampai dengan Juni 2016. Kegiatan ini akan dilakukan oleh tim khusus penangkap anjing dan vaksinator yang dikenal dengan A-Team. Mereka telah dilatih dan disiapkan sebelum kampanye dimulai untuk memvaksinasi 716 desa di seluruh Pulau Bali.

“Anjing-anjing tersebut akan ditandai dengan kalung anjing khusus sehingga mereka dapat diidentifikasi sebagai anjing yang telah divaksin dan terlindungi dari rabies,” ujar Direktur Kesehatan Hewan, Ditjen PKH Kementan I Ketut Diarmita.

Tim unit reaksi cepat Dinas Peternakan yang berada di tingkat kabupaten akan terus merespon kasus-kasus gigitan dengan cara menggunakan protokol Tata Laksana Kasus Gigitan Terpadu (TAKGIT).

Dengan adanya TAKGIT, investigasi, respon dan vaksinasi darurat dapat segera terlaksana. Demikian yang dikutip dari Republika.

“Pengawasan lalu lintas hewan khususnya anjing juga mendapat perhatian lebih dalam tahun ini, peran Karantina Pertanian sebagai institusi yang bertanggungjawab dalam pengawasan lalu lintas bersama dinas terkait akan memegang peranan penting untuk kesuksesan program pemberantasan rabies di Bali,” ungkap Ketut Diarmita. (rpb/nei)