Ilustrasi jembatan ambruk ©murianews.com

Akibat diterjang air akibat hujan yang terlalu deras, jembatan Yeh Langkah nyaris roboh. Karena parahnya kerusakan, jembatan pun tak dapat dilewati kendaraan roda empat.

Sebenarnya jembatan ini sempat retak dan berlubang, namun hujan yang terus menerus turun menyebabkan badan jembatan terkikis dan longsor.

Seperti dilansir tribunnews.com, jembatan yang termasuk jalur kabupaten ini awalnya dibangun dengan dana swadaya warga sekitar. Adapun ruas jalan sepanjang 4,7 kilometer tersebut terakhir dilakukan pengaspalan pada tahun 2006.

Karena kerusakan ini, Camat Selemadeg Timur, I Gusti Ngurah Dharma Utama, melaporkannya pada Dinas Pekerjaan Umum BPBD, dan pejabat Bupati Tabanan.

Ia dan warga sekitar berharap pembenahan akan segera dilakukan karena jalur tersebut sangat vital bagi perekonomian masyarakat. Hingga saat ini, kendaraan roda empat tidak bisa lewat disebabkan kerusakan yang terlalu parah. Praktis, hanya sepeda motor yang bisa melewati jembatan tersebut.

Sementara Kepala Dinas PU Tabanan, IGN Anom Antara, ketika dikonfirmasi mengatakan akan berkoordinasi dengan BPBD dalam rangka pengerahan anggota untuk mengecek kondisi jembatan Yeh Langkah. (trn/fal)