Ikan paus terdampar © www.kofintobungku.blogspot.com

Warga setempat di daerah Pantai Batu Tumpeng, Gelgel, Klungkung, Bali digegerkan dengan penemuan ikan paus yang terdapar di pesisir pantai pada Senin (14/03) dini hari. Ikan paus pun menjadi tontonan warga yang ingin melihat sendiri bagaimana ikan besar tersebut.

Menurut keterangan yang berhasil dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung, ikan paus terdampar tersebut ditemukan oleh nelayan sekitar pada Senin (14/03) dini hari sekitar pukul 04.00 WITA.

Proses evakuasi dilakukan oleh BPBD dengan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU). Pihaknya akan terus berjaga di sekitar bangkai ikan paus aar tidak ada warga yang sengaja mengambil dagingnya.

“Kita berupaya agar ikan ini dapat kita kubur utuh dan tidak dipotong-potong oleh masyrakat sekitar,” ungkap Putu Widiada kepada Suara Dewata.

Ikan paus berjenis Physeter macrochepalus (paus kepala kotak) tersebut telah terdampar di bibir pantai dalam keadaaan tak bernyawa. Paus tersebut berkelamin jalan dengan panjang tubuh 16,20 meter dan memiliki berat 15 ton. (sua/nei)