Pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Denpasar kembali menemukan yang mengandung bahan berbahaya di Pasar Sindu, Sanur, Denpasar. Untuk memastikan kadar kandungan bahan berbahaya tersebut, pihak BPOM tengah mengambil sampel 50 produk dan bahan makanan.

Dilansir dari okezone.com, menurut Kepala BPOM endang Widowati menjelaskan produk yang diuji itu diantaranya ada ikan, ayam, udang, terasi, makanan ringan, dan kue basah. Dari hasil sementara terdapat dua makanan ringan yang diduga mengandung bahan pewarna tekstil atau rhodamin.

“Hasil sementara ini yang kita uji ada dua makanan ringan mengandung rodamin,” ujarnya di Pasar Sindu, Sanur, Denpasar, Selasa (06/10).

“Kalau makanan itu hasilnya negatif maka tidak akan berubah warna, sementara makanan yang positif mengandung bahan berbahaya maka akan berwarna,” tambahnya.

Dia menjelaskan, sidak ini bertujuan agar para konsumen terbebas dari bahan-bahan yang berbahaya seperti borak, pewarna tekstil serta bahan kimia yang lainnya. Endang menegaskan, empat jenis bahan berbahaya itu dilarang dicampurkan di dalam makanan, karena itu berbahaya untuk tubuh manusia. (oke/end)