Kota malang memang menjadi Primadona tujuan wisata di Jawa Timur. Banyak tempat – tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, salah satunya wisata alam air terjun sumber pitu. Obyek wisata ini belum banyak dikenal masyarakat sehingga suasananya masih asri dan alami ini terletak di Desa Duwet Krajan, sekitar 7 km sebelah timur Kota Tumpang

Pemandangan alam yang cukup indah, daerah perbukitan yang banyak ditanami Apel dan sayuran menjadikan salah satu suguhan yang memanjakan mata. Di Sumber Pitu ini terdapat mata air yang jumlahnya banyak sekali, selain mata air juga terdapat goa peninggalan masa lalu dan terdapat pula sebuah air terjun yang diberi nama Ringin Gantung, sesuai dengan namanya terdapat pohon beringin yang menggantung pada dinding air terjun.

Sumber Pitu berasal dari mata air yang muncul di tujuh titik yang hampir berdekatan. Uniknya, mata air terjun ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. Debit sumber air di Sumber Pitu mencapai 1.600 L/detik.

 

Untuk mencapai Air Terjun Sumber Pitu, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya masih satu jalur menuju Coban Pelangi dan Gunung Bromo.  Bila menggunakan kendaraan umum, dari pasar Tumpang naik angkutan kota jurusan ke Gubugklakah kemudian turun di pertigaan balai Desa Wringinanom. Di sini terpampang spanduk dan foto Air Terjun Sumber Pitu. Selamat berwisata….