Kera-kera jinak Alas Kedaton dapat diajak berfoto ©lintaswisatabali.com

Bagi anda pecinta wisata alam dan satwa, sangat disarankan untuk mengunjungi Alas Kedaton ketika berkunjung ke Pulau Bali.

Tempat wisata bertemakan kawasan hutan lindung ini berada di Jalan Raya Alas Kedaton Kukuh, Marga 82181. Dari Pantai Kuta, wisatawan akan menempuh jarak sejauh 70 menit dengan asumsi jalanan tidak macet. Tempat ini memiliki luas sekitar 12 hektar.

Sesaat setelah memasuki kawasan Alas Kedaton, wisatawan akan disambut dengan kehadiran kera-kera yang mendiami tempat yang masih asri tersebut. Bagi anda penyuka binatang tentunya akan dimanjakan dengan kehadiran mereka.

Namun bagi mereka yang sedikit takut terhadap hewan berjenis primata ini, tidak perlu khawatir karena kera-kera di kawasan ini sudah terbiasa dengan keberadaan manusia, sehingga sangatlah jinak dan tidak akan menyerang manusia.

Namun wisatawan tetap disarankan menjaga barang bawaannya karena kita tetap tidak dapat memprediksi perilaku hewan-hewan yang hidup bebas tersebut.

Terkadang kera-kera tersebut tertarik dengan barang-barang yang dibawa wisatawan seperti handphone, kacamata maupun dompet. Sehingga disarankan untuk mengamankan barang-barang kecil tersebut di dalam tas yang posisinya dapat dengan mudah diamankan.

Seperti dilansir kabardewata.com, selain perjumpaan dengan kera-kera, wisatawan juga dapat mengunjungi pura yang berdiri di kawasan ini.

Ada pula objek wisata Monkey Forest Ubud sebagai tempat untuk menyaksikan kera-kera bermain. Objek ini tercatat memiliki banyak kunjungan wisatawan domestic dan mancanegara terutama di sore hari. (kbd/fal)