Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker FK UNUD ©fkunud.com

Aksi mulia dilakukan sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang tergabung dalam Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (Kompak) dalam memperingati Hari Kanker Sedunia (HKD).

Mereka mengadakan acara yang bertemakan Together We Fight Cancer by Growing Up Emphaty. Terdapat empat rangkaian acara yang mereka adakan, yaitu kunjungan sosial, aksi solidaritas, kunjungan ke SMA dan sepeda santai.

Dalam acara puncak Minggu (07/02), komunitas ini mengadakan acara bersepeda santai sebagai upaya sosialisasi gaya hidup sehat. Harapannya masyarakat semakin paham pentingnya olahraga dalam membentuk tubuh yang sehat dan bebas kanker.

Total sejumlah 70 orang dari anggota muda, pengurus kompak, dan masyarakat luar mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WITA ini.

Komang Mila Triana Sari selaku Ketua Panitia HKD, seperti dilansir tribunnews.com, mengatakan bahwa sebelum acara puncak ini, mereka telah melakukan acara kunjungan ke Rumah Singgah dan Yayasan Kasih Anak Kanker (YKAK).

Dalam acara tersebut mereka berbagi cerita dengan dokter dan anak-anak penderita kanker sambil membagikan kue untu. Di akhir kunjungan mereka memberikan bantuan kepada anak-anak yang kurang beruntung ini.

“Kunjungan ke Rumah Singgah ini kami berbagi cerita dengan dokter, bagi kue bersama dan penyerahan bantuan,” ungkapnya.

Aksi selanjutnya adalah orasi dan aksi damai yang dilakukan di public area Patung Catur Muka, Denpasar. Aksi ini ditujukan untuk menyerukan pentingnya mengetahui bahaya dan pencegahan kanker sejak dini. (trn/fal)