Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Bermain dengan kucing kesayangan memang bisa menjadi penghilang lelah dan stres, tapi anda harus cukup waspada kemungkinan Anda tertular penyakit dari hewan lucu ini.

 Janese Walter dia adalah Seorang wanita di Ohio, AS, yang mengalami kebutaan setelah kucingnya menjilat matanya.wanita tersebut terkena infeksi yang disebut cat scratch disease (CSD) di bagian mata kirinya. Pada awalnya ketika memeriksakan diri ke dokter ia dikira sakit mata biasa. Tapi ketika ia menyebutkan memelihara kucing di rumah, dokter langsung curiga ia terinfeksi CSD.

Dokter Kris Brickman mengatakan “Apa pun yang terpapar dari mulut kucing, dan jika Anda punya luka kecil yang dijilat kucing,hal ini  bisa menyebabkan infeksi pada manusia”. 40 persen kucing membawa bakteri yang bisa memicu CSD.

CSD bisa berdampak pada otak, mata, jantung, atau organ dalam lainnya. Walau komplikasi serius dari penyakit ini cukup jarang, tapi tetap saja diperlukan pengobatan. Yang perlu diwaspadai adalah infeksi yang terjadi pada anak berusia kurang dari 5 tahun dan orang dengan sistem imun lemah.