Pohon Tumbang di Kawasan TNBB Gilimanuk, Satu Tewas dan Lainnya Koma balitoday
Pohon Tumbang © www.beritadaerah.co.id

Pada Rabu sore (27/1) sekitar pukul 15.00 WITA, angin puting beliung menerjang Kabupaten Tabanan. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang menimpa sebuah sekolah TK dan satu buah mobil hingga ringsek.

Peristiwa itu mengakibatan jalur Denpasar – Gilimanuk macet, sebelum akhirnya jajaran Polsek Selemadeg Timur dan masyarakat berbondong-bondong menyingkirkan  pohon yang tumbang tersebut. Arus lalulintas kembali berjalan normal satu jam kemudian.

Saat angin kencang mulai datang dari arah barat Tabanan menuju ke timur, sebuah pohon albesia yang tumbuh di utara Stadion Debes Banjar Gerokak Gede, Desa Delod Peken Tabanan, roboh menimpa bangunan TK Dwi Kumara di dekatnya.

Akibat ditimpa pohon dengan diameter kurang lebih 1,5 meter tersebut, atap  gerbang sekolah yang berbentuk kori hancur, begitu dengan bangunan kelas yang berjarak sekitar tiga meter dari gerbang atapnya juga hancur pecah berserakan. Selain itu, tiang listrik di sebelahnya ikut roboh. Jalan yang menghubungkan Debes dengan Banjar Demung, Kediri pun macet.

Ni Nengah Suasni (44) guru TK Dwi Kumara sempat diberitahu kejadian naas tersebut melalui telpon oleh Kelihan Dinas Banjar Gerogak Gede.

“Saya kira  pohon yang disebelah timur yang lebih pendek itu roboh. Setelah saya kesini ternyata pohon yang ada di depan sekolah tinggi besar itu yang roboh,” ujarnya kepada Beritabali.

Kerugian sekolah juga belum bisa diperkirakan besarnya. Esok hari, Suasni berencana untuk memulangkan anak-anak didiknya lebih awal.

Sebelumnya pihak sekolah telah mengusulkan penebangan pohon tersebut kepada pemerintah daerah dalam rapat. Namun, usulan tersebut belum pernah ada tindak lanjut.

“Masih ada beberapa pohon besar yang  berdiri. Kami berharap agar dipangkas sebelum menimbulkan korban jiwa,” tambahnya.

(ber/nei)