Wajah baru Alun-alun Merdeka Malang, mungkin akan segera kita lihat Pasalnya, Alun-Alun di depan masjid Jami’ Malang tersebut akan diresmikan pada malam taraweh pertama. Desain alun-alun lama diganti total dengan desain yang baru, (DKP) KOta Malang, Jawa Timur, Erik S Santoso, Minggu mengatakan saat ini masih dilakukan pembersihan dan penataan rumput alun-alun serta memasang daya listrik khusus untuk pengoperasian air mancur yang bisa menari air mancur ini di pesan khusus dari Singapore.

Mengenai jadwal peresmian Alun-alun Merdeka, Kepala DKP Kota Malang, Erik S Santoso enggan menyebutkan. Menurutnya, yang menentukan jadwal peresmian Alun-alun Merdeka Wali Kota Malang, M Anton. “Terserah Wali Kota mau diresmikan kapan. Kami tinggal menunggu perintah. Kami sudah siap membuka lagi Alun-alun Merdeka,” ujar Erik.
Sementara itu Wali Kota Malang, Moc Anton mengatakan peresmian Alun-alun Merdeka rencananya akan dilaksanakan Rabu (17/6) sore atau menjelang shalat tarawih pertama pada Ramadhan tahun ini. Para jamaah shalat tarawih bisa langsung menikmati hasil revitalisasi Alun-alun Merdeka. “Alun-alun sudah siap dibuka dan rencananya hari Rabu nanti agar saat malam tarawih hari pertama alun-alun sudah bisa dinikmati masyarakat,” katanya.

Alun-alun Merdeka malang, sudah dipercantik dan bisa dimanfaatkan masyarakat umum sebagai wahana wisata alternatif di tengah kota, apalagi wahana untuk permainan anak-anak semakin beragam dan areanya pun semakin nyaman. Fasilitas-fasilitas yang ada pun beragam, di antaranya ada landasan skateboard, jogging track, playground, kawasan ibu menyusui, ampliteater, serta lampu sorot setinggi kurang lebih 10 meter. di tambahkanya 40 unit kursi duduk panjang di kawasan Alun-alun Merdeka. Kursi-kursi itu ditata di empat pintu masuk alun-alun untuk menambah kenyamanan pengunjung. untuk air mancur yang bisa menari sampai sekarang belum bisa difungsikan karena daya listrik di alun-alun masih belum kuat untuk mengoperasikannya, namun air mancur biasa sudah bisa difungsikan dengan baik.

Source : antarajatim.com    Editor : Indriana M